Gas

PGN Memastikan Penyaluran Gas Bumi yang Adil dan Aman Bagi Pelanggan

317
×

PGN Memastikan Penyaluran Gas Bumi yang Adil dan Aman Bagi Pelanggan

Share this article

Kabarenergi.com, Jakarta –PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk, sebagai salah satu perusahaan ternama dalam industri gas bumi, menegaskan komitmennya untuk menyediakan penyaluran gas bumi kepada pelanggan secara merata dan aman. Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, pada tanggal 2 Mei 2024, dijelaskan bahwa PGN memperhatikan dengan serius kondisi pasokan gas bumi yang mengalami penurunan akibat berbagai faktor di sisi hulu produksi.

Menurut Rachmat Hutama, beberapa faktor yang menyebabkan penurunan produksi gas bumi antara lain adalah penurunan alamiah produksi sumur migas serta kegiatan perbaikan dan perawatan sumur. Hal ini mempengaruhi kondisi pasokan gas bumi yang diterima oleh PGN dari pemasok. Sebagai respons terhadap penurunan pasokan ini, PGN memutuskan untuk menerapkan kuota volume gas kepada seluruh pelanggan guna menjaga reliabilitas dan keselamatan jaringan gas yang menjadi prioritas utama.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Rachmat Hutama menekankan bahwa PGN berkomitmen untuk melayani kebutuhan pelanggan seoptimal mungkin, namun dengan kondisi pasokan yang menurun, penyaluran gas harus dilakukan secara adil kepada semua pelanggan tanpa memihak pada sektor tertentu. Keamanan jaringan gas juga menjadi fokus utama PGN untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan.

Selain itu, PGN juga menyoroti pentingnya kepatuhan pelanggan terhadap ketentuan yang ada guna menjaga keselamatan penyaluran gas. Rachmat Hutama menekankan bahwa keberpihakan pada pihak tertentu serta jaringan gas yang tidak handal harus dihindari. PGN meminta bantuan dan kerjasama seluruh pelanggan dalam menjaga keselamatan penyaluran gas.

PGN juga telah menawarkan alternatif solusi dalam mengatasi kekurangan pasokan gas bumi, yaitu dengan menyediakan Liquified Natural Gas (LNG) sesuai permintaan pelanggan. Solusi ini diharapkan dapat menjaga reliabilitas layanan dan memenuhi kebutuhan pasokan gas industri di tengah situasi produksi gas bumi yang menurun.

Read  Gandeng PIS, PGN Kerjasama dalam Pengembangan Infrastruktur dan Moda Pengangkutan Maritim Berbahan Bakar Rendah Karbon

Sebagai penyalur gas bumi, PGN memastikan bahwa perannya selalu mematuhi ketetapan pemerintah dan kontrak dengan pemasok. Perusahaan juga berupaya untuk meningkatkan produksi gas bumi nasional melalui investasi di sumur yang telah berproduksi maupun kegiatan eksplorasi baru, meskipun membutuhkan waktu dan komersialisasi.

Dengan demikian, PGN terus berupaya untuk memastikan penyaluran gas bumi yang adil, aman, dan memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan, sambil tetap memperhatikan keberlanjutan industri gas bumi nasional. (ren)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News