Gas

PGN Perkuat Infrastruktur Gas dengan Penyediaan LNG sebagai Solusi Kebutuhan Energi Masa Depan

342
×

PGN Perkuat Infrastruktur Gas dengan Penyediaan LNG sebagai Solusi Kebutuhan Energi Masa Depan

Share this article

Kabarenergi.com, JAKARTA – Sebagai upaya untuk memperkuat ketahanan pasokan gas bumi nasional dan mengadaptasi diri terhadap dinamika lingkungan bisnis, PT PGN Tbk, selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), mengumumkan komitmennya dalam optimalisasi pemanfaatan gas bumi, terutama bagi industri di dalam negeri. Langkah ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan energi yang semakin meningkat, serta sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Dalam acara Customer Business Forum di Tangerang pada tanggal 6 Maret 2024, Direktur Sales dan Operasi PGN, Ratih Esti Prihatini, menyampaikan bahwa penguatan infrastruktur dan distribusi gas merupakan modal dasar dalam upaya optimalisasi layanan pelanggan. Salah satu solusi yang diwujudkan adalah penyediaan Liquefied Natural Gas (LNG). Prihatini menjelaskan bahwa LNG memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam transportasi gas bumi, terutama dari sumber yang berlokasi jauh dari jaringan pipa, serta dapat menyeimbangkan pasokan gas bumi nasional.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan bahwa kebutuhan gas bumi tidak selalu dapat dipenuhi oleh sumber gas yang terhubung dengan infrastruktur jaringan pipa. Hal ini disebabkan oleh natural decline dalam produksi gas bumi dari sumur-sumur yang sudah lama beroperasi. Contohnya, pasokan gas dari blok Corridor di Sumatera Selatan mengalami penurunan signifikan dari tahun ke tahun, dengan jumlah realisasi penyaluran gas pada tahun 2024 turun dibandingkan tahun sebelumnya.

Prihatini menegaskan bahwa kehadiran LNG bukan sebagai pengganti gas pipa, melainkan sebagai solusi ketika terjadi kekurangan pasokan gas dari pemasok. Meskipun harga LNG cenderung fluktuatif, Prihatini memastikan bahwa PGN akan terus mengoptimalkan volume alokasi gas pipa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu, meski rantai penyaluran LNG lebih panjang dibandingkan pipa gas, LNG tetap dianggap lebih efisien dan ramah lingkungan dibandingkan sumber energi fosil lainnya.

Read  PT Pertagas Niaga (PTGN) MoU Dengan PT Likuid Nusantara Gas Terkait Penyediaan LNG di Jawa, Bali dan Sekitarnya

Dengan pengelolaan infrastruktur gas nasional dalam berbagai moda transportasi dan kemampuan untuk mengintegrasikan potensi gas bumi dari berbagai sumber, PGN yakin dapat terus melayani pelanggan dengan layanan energi yang handal, kompetitif, dan berkelanjutan. Langkah ini juga sejalan dengan komitmen untuk memenuhi kebutuhan gas bumi serta optimalisasi pemanfaatan gas bumi sebagai energi transisi, sesuai dengan tuntutan zaman yang semakin mengutamakan keberlanjutan. (tis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News