Headline

Pertamina Pastikan Kelancaran Distribusi BBM dan LPG Jelang Ramadan di Jatim

322
×

Pertamina Pastikan Kelancaran Distribusi BBM dan LPG Jelang Ramadan di Jatim

Share this article

Pertamina Patra Niaga memberikan jaminan bahwa distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) selama Bulan Suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 2024 di Jawa Timur akan berjalan lancar tanpa gangguan. Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya, menyatakan bahwa stok BBM dan LPG dipastikan aman dan mencukupi selama periode tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan BBM dan LPG menjelang Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2024, yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Selasa (5/3). Rakor ini dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait termasuk Kasdam V Brawijaya, Wadirkrimsus Polda Jatim, dan Plh Sekdaprov Jatim, serta perwakilan dari Bank Indonesia, PGN, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Adhy Karyono menyatakan bahwa Rakor tersebut bertujuan untuk mendengar laporan dan masukan dari semua pihak terkait kesiapan menghadapi Bulan Ramadan. Salah satu fokusnya adalah ketersediaan dan keterjangkauan BBM dan LPG selama bulan suci tersebut, sesuai arahan Mendagri pada Rakornas HKBN di Jakarta sehari sebelumnya.

Pj. Gubernur Adhy menekankan pentingnya pemantauan dan pengawasan oleh TNI-Polri untuk mencegah gangguan distribusi dan penimbunan BBM dan LPG yang dapat mengganggu stabilitas pasokan. Ia juga mengingatkan agar tidak ada pihak yang memanfaatkan situasi tersebut untuk keuntungan pribadi.

Dalam laporannya, Executive GM Regional Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya, menyebutkan bahwa kondisi stok BBM dan LPG per 5 Maret 2024 sudah cukup aman dan mencukupi. Stok untuk Bahan Bakar Domestik (LPG) mencapai 53.507 Metrik Ton, sedangkan untuk sektor transportasi BBM Gasoline (bensin) mencapai 151.238 kl, dan BBM Gasoil (diesel) mencapai 148.029 kl. Untuk sektor penerbangan Avtur mencapai 9946 kl.

Read  BBM Turun Harga di Awal Tahun, Berikut Daftar Harganya di Jatimbalinus

Selain itu, infrastruktur yang disiapkan di Jatimbalinus meliputi 19 Terminal/Depot BBM, 741 Armada Mobil Tangki, 2.150 Armada Mobil Tangki Mini, 7 Unit PTO, 4 Terminal/Depot LPG, 3 SPPEK LPG, 1.449 SPBU Reguler/BBM 1 Harga/Mini/Kompak, 53 SPBU Nelayan, 47 SPPBE, 1.014 Agen LPG, 131 Agen LPG NPSO, dan 12 DPPU.

Untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi selama Satgas Ramadhan-Idul Fitri 2024, diproyeksikan akan ada kenaikan konsumsi BBM dan LPG. Misalnya, untuk Gasoline diperkirakan meningkat 16% dari konsumsi normal, sedangkan total Gasoil diprediksi turun 11%. Untuk sektor LPG, akan ada kenaikan sebesar 7,7% dari konsumsi normal.

Pertamina juga akan menyediakan layanan ekstra untuk BBM dan LPG selama periode Satgas Ramadhan – Idul Fitri, termasuk di Jalur Tol Trans Jawa dengan rincian 13 SPBU Reguler, 12 kios modular, 4 titik layanan kesehatan, 3 Mobile Storage, serta layanan Non Tol berupa 80 Motorist Pertamina Delivery Service dan 4 Mobile Storage.

Ari juga menegaskan bahwa Pertamina akan melakukan inspeksi terhadap kelayakan sarana dan prasarana serta kesehatan awak mobil tangki selama periode Satgas Ramadhan-Idul Fitri, untuk memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah Ramadan dengan maksimal.

Dengan jaminan dari Pertamina Patra Niaga dan kerjasama lintas sektor, diharapkan distribusi BBM dan LPG selama Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 2024 di Jawa Timur dapat berjalan lancar dan memenuhi kebutuhan masyarakat. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News