Gas

PGN Meluncurkan HSSE Demo Room di Medan untuk Tingkatkan Keselamatan Operasi Gas Bumi

364
×

PGN Meluncurkan HSSE Demo Room di Medan untuk Tingkatkan Keselamatan Operasi Gas Bumi

Share this article

Kabarenergi.com, Medan – PT PGN Tbk, yang juga berperan sebagai Subholding Gas Pertamina, telah meresmikan Health, Safety, Security & Environment (HSSE) Demo Room di Kantor PGN Medan, Glugur, Sumatera Utara. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran dan penerapan budaya HSSE di lingkungan kerja, mengingat bisnis gas bumi memiliki tingkat risiko yang tinggi terutama dalam aspek keselamatan kerja.

HSSE Demo Room di Medan akan menjadi salah satu fasilitas induksi bagi para pekerja dan mitra kerja terkait 16 Elemen Corporate Life Saving Rules (CLSR), yang meliputi berbagai aspek keselamatan seperti penggunaan alat dan peralatan, izin kerja, keselamatan saat bekerja di ketinggian, dan larangan penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Wakil Direktur Utama Pertamina, Wiko Migantoro, menyatakan, “HSSE Demo Room merupakan salah satu wadah implementasi CLSR Pertamina untuk pengendalian risiko agar seluruh aktivitas operasi hulu sampai hilir Migas Pertamina Group dapat dilakukan secara aman. Setelah ini, implementasi HSSE di PGN selaku Subholding Gas diharapkan dapat terus berjalan secara sungguh-sungguh. Aspek keamanan yang optimal akan mendukung gas bumi dapat terutilisasi dengan baik, sehingga dapat menyediakan non-stop energi bagi masyarakat Sumatera dan sekitarnya.”

Direktur Utama PGN, Arief Setiawan Handoko, menambahkan, “Keberadaan HSSE Demo Room diharapkan semakin meningkatkan awareness terhadap pentingnya aspek-aspek di lingkungan kerja, khususnya untuk mencapai zero fatality. Aspek keamanan harus selalu diingat dan dipatuhi oleh PGN maupun mitra. Dengan adanya HSSE Demo Room, kita dapat melihat langsung alat-alat untuk pengelolaan keamanan kerja lengkap beserta panduan-panduan keamanan lainnya, sehingga sangat mendukung kegiatan utama PGN dalam pengelolaan distribusi gas bumi.”

Read  PGN Tandatangani MOU dengan MRT Jakarta untuk Perluas Pemanfaatan Gas Bumi di Kawasan TOD MRT DKI Jakarta

Selain memberikan panduan mengenai 16 elemen CSLR, HSSE Demo Room Medan juga menampilkan prototipe dan jenis-jenis pekerjaan pembangunan infrastruktur pipa gas bumi serta peralatan pendukung jaringan gas bumi baik di offshore maupun onshore. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dalam mengelola risiko layanan jaringan bisnis gas bumi, termasuk dalam pekerjaan berisiko tinggi.

Sebelumnya, PGN telah mengoperasikan HSSE Demo Room di Bandung. Kehadiran HSSE Demo Room di Medan ini diharapkan dapat melengkapi sarana implementasi HSSE PGN Subholding Gas dalam mengelola pemanfaatan gas bumi bagi seluruh pelanggan di wilayah Sales and Operation Region 1 (SOR 1) yang meliputi Sumatera dan sekitarnya. Saat ini, PGN melayani 137.811 pelanggan di wilayah tersebut.

PGN berharap bahwa keberadaan HSSE Demo Room dapat mendukung implementasi Sistem Manajemen Keselamatan, Kesehatan Kerja, Pengamanan dan Pengelolaan Lingkungan Serta Energi (SMK3P2L-E), guna memastikan keberhasilan operasional perusahaan dengan meminimalkan risiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. (tia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News