Gas

PT PGN Tbk Terus Dukung Peningkatan Utilisasi Gas Bumi dalam Masa Transisi Energi

225
×

PT PGN Tbk Terus Dukung Peningkatan Utilisasi Gas Bumi dalam Masa Transisi Energi

Share this article

Kabarenergi.com, JAKARTA. PT PGN Tbk, sebagai Subholding Gas Pertamina, terus mengamankan posisinya dalam mendukung peningkatan utilisasi gas bumi dan sinergi pengelolaan seluruh rantai bisnis gas bumi dari hulu hingga hilir dalam masa transisi energi. Dengan misi utama “Connecting Clean Energy for Sustainable Growth,” PGN menjalankan prinsip kesetimbangan dari Tiga Pilar (Trilema) Energi, yaitu Energy Security, Energy Equity, dan Environmental Sustainability.

Dalam sebuah pernyataan, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Rosa Permata Sari, menjelaskan bahwa upaya menjaga Energy Security merupakan prioritas utama. PGN optimis akan terus berperan aktif dalam mempertahankan ketahanan energi, khususnya dalam pemanfaatan gas bumi. Dengan memiliki jaringan infrastruktur gas bumi terbesar di Indonesia yang meliputi lebih dari 31 ribu km pipa dan 4 terminal LNG, PGN memegang peran penting dalam memastikan pasokan gas bumi yang handal dan terinterkoneksi di seluruh Indonesia.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Lebih lanjut, Rosa menekankan bahwa dalam prinsip Energy Equity, PGN berkomitmen untuk menciptakan kemudahan akses dan keterjangkauan pasokan gas bumi untuk masyarakat dengan harga yang terjangkau. Harga gas bumi yang disediakan oleh PGN berkisar antara USD 6 hingga 13,87 per MMBTU, yang masih lebih terjangkau dibandingkan dengan energi lainnya seperti Pertalite, LPG, dan HSD.

Sementara itu, dalam mendukung Environmental Sustainability, PGN menekankan pentingnya mempertimbangkan target penurunan emisi global. Dengan tingkat emisi karbon yang rendah, gas bumi dianggap sebagai solusi yang ramah lingkungan dalam transisi energi. Dalam perbandingan, emisi karbon gas bumi sebesar 59 KG CO2 per MMBTU, jauh lebih rendah dibandingkan dengan energi fosil lainnya.

Rosa juga menyatakan bahwa optimalisasi utilisasi gas bumi menjadi kunci dalam menghadapi tantangan ketahanan energi di masa depan. Dengan produksi minyak yang terus menurun, gas pipa yang juga mengalami penurunan, serta peningkatan konsumsi energi yang berpotensi meningkatkan impor dan defisit neraca perdagangan, gas bumi menjadi solusi alternatif yang sangat potensial.

Read  PGN Perkuat Infrastruktur Gas dengan Penyediaan LNG sebagai Solusi Kebutuhan Energi Masa Depan

PGN juga menyoroti pentingnya sinergi antara pemerintah dan badan usaha migas untuk memastikan pengelolaan gas bumi secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif dalam jangka panjang.

Dengan melihat potensi gas bumi yang melimpah, PGN berharap dapat memperluas pemanfaatan gas bumi ke berbagai sektor seperti transportasi darat, industri, komersial, dan rumah tangga, serta sektor-sektor lain yang membutuhkan energi dalam jumlah besar seperti logistik laut dan darat, kilang minyak, serta pembangkit listrik.

Melalui langkah-langkah strategis ini, PT PGN Tbk terus berkomitmen untuk menjadi pemain utama dalam mendukung transisi energi menuju target Net Zero Emission pada tahun 2060, sambil memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan berkelanjutan Indonesia. (wah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News