HeadlineOil

Pertamina Patra Niaga Pastikan Stok BBM Aman Selama Mudik Lebaran

399
×

Pertamina Patra Niaga Pastikan Stok BBM Aman Selama Mudik Lebaran

Share this article

Kabarenergi.com, Jakarta – Memasuki H-7 Hari Raya Idul Fitritahun 2024, Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri(RAFI) 1445 H PT Pertamina Patra Niaga Regional JawaBagian Barat melaksanakan tinjauan kesiapan layanan mudikPertamina di Jalur Jakarta – Bandung pada Rabu (03/04). Peninjauan layanan dan fasilitas Pertamina bagi para pemudikini dilakukan oleh Wakil Direktur PT Pertamina (Persero) Wiko Migantoro, Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga Maya Kusmaya, didampingi oleh Executive General Manager Regional Jawa Bagian Barat Deny Djukardi, beserta Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DPC PurwakartaKarawang dan Bandung di titik SPBU Rest Area KM 57A TolJakarta-Cikampek, SPBU Rest Area KM 88A Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), dan SPBU 34.402.27 Pasir Koja Bandung.

Kegiatan peninjauan layanan 3 titik jalur Jakarta – Bandung ini meliputi pengecekan kesiapan seluruh sarana dan fasilitas SPBU untuk pelayanan kepada para konsumen terutama bagiyang melaksanakan kegiatan mudik, kesiapan penempatan modular di SPBU eksisting untuk memecah antrian pemudik di SPBU, pengecekan mobile storage, hingga pemeriksaantakaran BBM dan sertifikat Metrologi serta  Quality and Quantity (QQ) Control (kontrol kualitas dan kuantitas) melalui uji tera dan pengecekan sarana dan fasilitas dispenser SPBU, pemeriksaan kadar air di tangki timbun, pemeriksaansumur pantau, dan pengecekan APAR untuk menjamin aspek keselamatan. Seluruh rangkaian kegiatan ini dilakukan olehPertamina untuk memastikan kesiapan dalam mendukungkelancaran mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Pertamina sebagai Perusahaan energi wajib mendukungkegiatan mudik tahunan ini untuk kelancaran mobilitasmasyarakat. Sejak tanggal 25 Maret lalu, Pertamina sudahmeluncurkan Satgas RAFI yang menyediakan layananberagam. Selain menambah kuota pasokan, juga menambahpola distribusi dengan motorist dan portable unit di jalurmudik dan tempat keramaian seperti jalur wisata, serta di area darurat,” ungkap Wakil Direktur PT Pertamina (Persero) WikoMigantoro.

Read  PGN Tandatangani MOU dengan MRT Jakarta untuk Perluas Pemanfaatan Gas Bumi di Kawasan TOD MRT DKI Jakarta

Ia menambahkan bahwa tidak hanya pelayanan yang bersifatdistribusi, selama periode Satgas RAFI 2024 ini Pertaminajuga terus memperhatikan masalah kualitas dan kuantitasBBM di SPBU yang disalurkan kepada Masyarakat.

“Kami sampaikan kepada masyarakat, Pertamina terusmenjamin kualitas dan kuantitas yang merupakan bagian daritugas tim Satgas RAFI 2024. Jadi masyarakat tidak perlukhawatir mengenai supply maupun kualitas dan kuantitasyang diberikan oleh Pertamina,” tambah Wiko.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga Maya Kusmaya, menyampaikanlayanan tambahan yang telah disiapkan oleh Pertamina Patra Niaga untuk meningkatkan kenyamanan para pemudik selamaarus mudik dan balik mendatang.

Untuk menjamin kenyamanan, para pemudik yang kelelahandapat beristirahat di Serambi MyPertamina. Di situ terdapatfasilitas pengecekan kesehatan, fasilitas untuk istirahat, kursipijat, fasilitas laktasi untuk ibu menyusui dan area bermainanak-anak. Kemudian di beberapa titik juga bilamanakemacetan terjadi dan pemudik kehabisan bahan bakar, Pertamina juga menyediakan armada motorist yang memungkinkan BBM dapat ditransportasikan menggunakanmotor ke tempat pemudik kehabisan BBM dan transaksi dapatdilakukan di tempat. Seluruh layanan-layanan tambahan ituuntuk kenyamanan bagi para pemudik yang sedang menujutempat masing-masing,” ungkap Maya.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menambahkan bahwa Serambi MyPertamina disiapkan di sepanjang tol trans jawa di 6 titik.

Pemudik dapat beristirahat di serambi MyPertamina di Rest Area KM 57A Cikampek dan Rest Area KM43 Merak, tolPejagan-Merak KM 260, tol Semarang-Batang KM 379, tolMojokerto-Surabaya KM 725 dan tol Pandaan -Malang KM 66″, jelas Irto.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat selamaperiode Satgas RAFI 2024 ini juga menyediakan layanan tambahan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balikIdul Fitri  berupa 172 SPBU Siaga di wilayah jalur potensial(jalur tol, jalur wisata, jalur logistik) yang disiagakan 24 jam, 1.643 Agen LPG Siaga yang disiagakan 24 jam khususwilayah dengan permintaan tinggi saat RAFI,  54 titikMotorist Siaga untuk konsumen melalui Call Center 135, serta16 titik Modular sebagai layanan tambahan di lokasi yang tidak ada SPBU untuk menyediakan Pertamax/Dex series.

Read  Strategi Investasi PGN: Membangun Eksistensi dan Ekspansi Pelayanan Gas Bumi di Indonesia

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat EkoKristiawan, menyampaikan bahwa seluruh persiapan layanan dan fasilitas bagi para pemudik merupakan komitmen Pertamina Patra Niaga untuk memastikan kesiapanmenghadapi musim mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Selain mengamankan stok BBM dan LPG selama periodeSatgas RAFI 2024, Pertamina Patra Niaga terus meningkatkankesiapan pelayanan bagi konsumen, termasuk mempersiapkanlayanan tambahan untuk mendukung kelancaran mudik tahunini,” tutup Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News