News

PT Elnusa Tbk. Laporkan Kenaikan Laba Bersih 33% di Tahun 2023

456
×

PT Elnusa Tbk. Laporkan Kenaikan Laba Bersih 33% di Tahun 2023

Share this article

Kabarenergi.com, Jakarta – usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PT Elnusa Tbk. (ELSA) mengumumkan pencapaian gemilang dalam kinerja keuangannya sepanjang tahun 2023. Dilaporkan bahwa laba bersih perusahaan meningkat secara signifikan sebesar 33% secara tahunan (yoy), mencapai angka fantastis sebesar Rp 503 miliar.

Pencapaian ini sebagian besar didorong oleh pendapatan usaha tahun buku 2023 yang mencapai Rp 12,5 triliun, naik 2% dibandingkan tahun sebelumnya. Pendapatan usaha ini didistribusikan melalui segmen jasa distribusi dan logistik energi sebesar 53%, jasa hulu migas terintegrasi 34%, dan jasa penunjang migas 13%.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Perolehan laba bersih tersebut juga dipengaruhi oleh kinerja keuangan lainnya. Perusahaan berhasil mencatatkan Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) sebesar Rp 1,28 triliun, menunjukkan pertumbuhan sebesar 11,8% dari tahun sebelumnya. Laba bruto mencapai Rp 1,16 triliun, sementara laba operasi mencapai Rp 669 miliar, dengan kas setara kas mencapai Rp 2,07 triliun.

Direktur Keuangan Elnusa, Stanley Iriawan, menjelaskan bahwa pencapaian laba bersih tahun buku 2023 ini didominasi oleh kontribusi segmen jasa distribusi dan logistik energi sebesar 64%, diikuti oleh jasa hulu migas terintegrasi sebesar 15%, dan jasa penunjang migas sebesar 21%.

“Penyumbang besar kenaikan laba bersih Elnusa adalah proyek-proyek di segmen jasa distribusi dan logistik energi, seperti peningkatan pada unit jasa transportasi BBM, trading BBM melalui inovasi blending produk B35, manajemen depo, serta KSO infrastruktur,” jelas Stanley dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pada Jumat, 1 Maret.

Kontribusi positif juga datang dari segmen jasa hulu migas yang melaporkan pertumbuhan laba bersih sebesar 270% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terutama berkat proyek-proyek seperti survei seismic dan aktivitas jasa produksi migas.

Read  Bos Pertamina Turun Langsung Pantau Kesiapan Satgas Lebaran di Jawa Barat

Sementara itu, segmen jasa penunjang juga memberikan kontribusi signifikan dengan pertumbuhan laba bersih mencapai 106% dibandingkan tahun sebelumnya. Ini dipicu oleh berbagai faktor seperti pemanfaatan aset kapal, pengembangan IoT dan Telco, serta peningkatan kinerja pada bisnis OCTG.

Menyongsong tahun 2024, Elnusa optimistis untuk melanjutkan kinerja gemilang tahun lalu sambil mendorong pertumbuhan yang lebih agresif. Perusahaan juga berkomitmen untuk memainkan peran penting dalam membangun ekosistem transisi energi. (her)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News