News

Pameran Kerajinan Inacraft 2024 Dibuka, Pertamina Targetkan Omzet Rp 3 Miliar

329
×

Pameran Kerajinan Inacraft 2024 Dibuka, Pertamina Targetkan Omzet Rp 3 Miliar

Share this article

Kabarenergi.com, Jakarta – Pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 secara resmi dibuka hari ini, Rabu (28/2). Mengusung 29 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai peserta, PT Pertamina (Persero) menetapkan target omzet mitra binaan mencapai Rp 3 miliar dari Inacraft 2024 yang berlangsung selama 28 Februari hingga 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Peresmian Inacraft 2024 turut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. Mereka turut meninjau langsung beberapa booth UMKM peserta Inacraft.

Scroll kebawah untuk lihat konten
Advertisement

Teten, dalam sambutannya, mengapresiasi partisipasi pelaku UMKM dalam pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini. Menurutnya, produk kerajinan Indonesia memiliki pangsa pasar sebesar 1,25% di pasar global dan diproyeksikan untuk terus berkembang seiring dengan kreativitas perajin dan kekayaan sumber daya alam Indonesia.

“Saya berharap dengan branding Inacraft yang kuat di kawasan Asean pada 2024, Indonesia dapat memimpin sebagai negara eksportir produk kerajinan terbesar di dunia,” ujar Teten.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyatakan komitmen Pertamina dalam mendukung program pemerintah serta memberikan motivasi bagi UMKM untuk meningkatkan kelasnya. Pertamina telah secara konsisten berpartisipasi dalam pameran Inacraft setiap tahunnya. Pada Inacraft tahun ini, Pertamina membawa 29 mitra binaan terbaik dengan target omzet penjualan mencapai Rp 3 miliar, meningkat 25% dari tahun sebelumnya.

“Kami berharap produk UMKM binaan Pertamina diminati oleh pengunjung. Untuk meningkatkan omzet ini, Pertamina juga akan memfasilitasi beberapa kegiatan seperti temu bisnis dengan pembeli asing potensial, sehingga dapat membuka pasar ekspor,” jelas Fadjar.

Read  Pertamina Patra Niaga Siapkan Penyaluran BBM dan LPG Selama Ramadhan dan Arus Mudik Idul Fitri

Salah satu mitra binaan unggulan pada Inacraft adalah Merajut Asa Kita, yang produknya berasal dari perajin disabilitas. Ketua Merajut Asa Kita, Elis Juarsih, menyampaikan kebahagiannya dapat bergabung dalam pameran Inacraft 2024. Berbagai produk yang ditampilkan termasuk baju luaran, baju hangat, celana kulot, topi kupluk, syal, tas selempang, tas laptop, hingga tas kekinian.

“Saya sudah 2 tahun bersama Pertamina. Kebetulan perajin produk Merajut Asa ada 10 orang disabilitas. Program pemberdayaan disabilitas ini membantu menambah perekonomian mereka. Pertamina sudah banyak membantu promosi produk kami melalui pameran,” ungkap Elis.

Elis berharap pameran Inacraft tidak hanya meningkatkan omzet, tetapi juga memperkenalkan produknya kepada konsumen internasional. “Kami ingin produk kami lebih dikenal, bukan hanya di Indonesia tapi juga oleh konsumen dunia,” tambahnya.

Pertamina, sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Langkah ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News